Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam - Jasa Poles Marmer - Nusantara Cleaning Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam | Jasa Poles Marmer - Nusantara Cleaning
TThursday, August 17, 2017

Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam

Baca Juga

Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam Karat muncul dari oksidasi besi. Penyebab yang paling umum adalah paparan terhadap air dalam waktu yang lama. Setiap logam yang mengandung zat besi, termasuk baja, akan mengikat atom oksigen yang terkandung di dalam air untuk membentuk lapisan oksida besi, atau karat. Karat akan terus bertambah sehingga mempercepat proses korosi, oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan pemeliharaan. Namun pada dasarnya menghapus karat bukanlah pekerjaan sulit. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda caranya.
cara-menghilangkan-karat-dan-korosi-dengan-asam

Rendam di dalam cuka. Asam rumah tangga tidak beracun ini di antara sejumlah aplikasi rumah tangga yang mampu mengatasi karat. Cukup tenggelamkan bahan berkarat di dalam cuka semalaman, kemudian kikis karat di pagi hari.
  • Lebih baik menggunakan cuka sari apel dibandingkan cuka putih. Meskipun cuka putih juga dapat digunakan, ia tidak seefektif cuka sari apel.
  • Meskipun cuka efektif, ia relatif ringan. Anda mungkin perlu merendam barang tersebut lebih lama dari hanya semalam; rendam dalam sehari mungkin lebih baik. Setelah mengangkat barang berkarat dari cuka, celupkan penggosok aluminium foil ke dalam cuka dan gosok barang tersebut dan hilangkan karat dengan mudah.
Gunakan lemon atau jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.  


Gunakan fosfat atau asam klorida. Asam fosfat dan klorida adalah barang rumah tangga biasa yang murah dan sangat baik untuk mengatasi karat. Di sinilah Anda dapat menemukan bahan tersebut, dan cara menggunakannya:
  • Asam fosfat sebenarnya adalah "konverter" karat karena ia merubah oksida besi (atau karat) menjadi fosfat besi, sebuah lapisan hitam. Rendam bahan berkarat dalam asam fosfat dan biarkan semalaman. Kemudian biarkan kering. Kikis bersih besi fosfat setelah permukaan kering. Asam fosfat dapat diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan molase.
  • Asam klorida sering digunakan dalam industri baja untuk "mengawetkan" baja dengan cara menghilangkan karat atau kerak air. Asam klorida dapat ditemukan di beberapa bahan pembersih rumah, kebanyakan pada pembersih kakus toilet.
  • Asam klorida terus bekerja, bahkan setelah Anda membilas dan mengeringkannya. Uapnya bisa memengaruhi benda dengan lapisan metal lainnya yang ada di ruangan yang sama, serta mengubah warna benda tersebut. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan memanaskan benda yang sudah diberi asam klorida dalam oven atau di atas nyala api. Anda juga bisa menggunakan pasta kapur penetral, atau lim.
Gunakan kentang. Asam oksalat yang terkandung pada kentang membantu menghilangkan penumpukan karat.[2] Metode ini sangat berguna untuk benda kecil yang berkarat, seperti pisau. Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat:
  • Cukup menusuk pisau masuk ke dalam kentang dan biarkan selama sehari atau semalam. (Hati-hati saat menusuk kentang). Angkat pisau dari kentang dan gosok bersih karat.
  • Iris kentang menjadi dua bagian, lapisi bagian dalam dengan soda kue secukupnya, dan gosoklah dengan kuat permukaan berkarat dengan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasif, seperti sabut baja.

Periksa untuk melihat bahan asam lain yang tersedia di rumah Anda. Sering kali, Anda dapat membuat cairan penghilang karat Anda sendiri bahkan tanpa meninggalkan dapur. Sebenarnya apapun yang bersifat asam akan mampu melepaskan karat dan akhirnya menghapus oksida besi. Cairan yang dibuat dari bahan-bahan rumah tangga bekerja sangat baik pada benda-benda kecil yang berkarat.
  • Bahan aktif dalam kebanyakan cairan kimia yang dibeli di toko adalah salah satu bentuk zat asam, biasanya fosfat atau klorida, dan kebanyakan subtansi asam yang terdapat di rumah Anda dapat melakukan trik yang sama.
  • Jika Anda memiliki pertanyaan tentang interaksi asam atau bahan kimia, lakukan sedikit penelitian sebelum menggunakannya. Meskipun sebagian besar barang rumah tangga boleh digunakan sebagai campuran, beberapa kombinasi sebaiknya dihindari.
 Hapus karat dengan minuman soda kola. Tempatkan barang berkarat di dalam gelas atau tempat lebih besar yang terisi minuman kola. Biarkan terendam atau cukup dicelupkan saja. Periksa setiap setengah jam untuk memeriksa hasilnya. Kola seharusnya mampu bekerja dengan baik.

Terima Kasih Anda sudah membaca Artikel Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam dan Kami berharap Anda Menghubungi dan menggunakan Layanan Jasa Dari Kami Nusantara Cleaning Yakni Jasa Cleaning Service Rumah Kantor Pabrik, Jasa Poles Lantai Marmer, Teraso, Acian, Semen, Beton, Keramik, Jasa Pembersihan Kaca, Jasa Pembersihan Kamar Mandi dan Toilet


Nusantara Cleaning melayani jasa cleaning service rumah, kantor, apartemen, hotel, jasa poles marmer, jasa poles granit jasa pembersihan gedung, Jasa Poles Acian, Jasa Poles Tegel, Jasa Poles Beton, Salon Toilet Kontak Kami : +628-1199-3324

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Karat dan Korosi dengan Asam"